Tradisi 1 Suro di Kediri

Tradisi 1 Suro di Kediri - Hay Semua Pecinta Wisata Alam Indonesia, Pada sharing Tempat Wisata Tradisi 1 Suro di Kediri, saya akan memberi informasi yang akurat untuk kalian semua merasakan indahnya alam di INDONESIA ini. mudah-mudahan isi postingan ini akan membantu kalian dalam mencari tempat wisata yang indah di seluruh indosenia.

Lokasi : Tradisi 1 Suro di Kediri
Tempat Favorit : Tradisi 1 Suro di Kediri

lihat juga


Tradisi 1 Suro di Kediri

Sudah menjadi kepercayaan dan tradisi bagi adat kejawen untuk memperingati malam 1 Suro di Petilasan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo. Bulan Suro merupakan bulan yang sangat sakral, sehingga biasa digunakan untuk ritual-ritual misalnya seperti tolak balak. Ritual Peringatan 1 Suro di Petilasan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo merupakan warisan Budaya leluhur yang Adi Luhung dan salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia dalam mengenang dan memperingati serta menghormati jasa-jasa leluhur khususnya Sang Prabu Sri Aji Joyoboyo Raja Kerajaan Kadiri yang sangat terkenal dengan kesaktian dan Buku Ramalan Jongko Joyoboyo yang sudah terbukti nyata ramalan-ramalannya. 

Hasil gambar untuk tradisi 1 suro di kediri 
Sebelum upacara ritual dimulai, terlebih dahulu dilakukan persiapan dan pemberangkatan berbagai sesaji yang dibawa dari rumah Juru Kunci Mbah Misri Desa Menang Kecamatan Pagu yang letaknya tidak jauh dari petilasan menuju tempat sesaji petilasan dan Sendang Tirto Kamandanu.
Upacara ritual ini dilaksanakan ditengah keheningan malam dengan lantunan do’a yang diiringi dengan membakar sesaji serta penaburan bunga melati yang dimaksudkan untuk mengharapkan berkah pada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan permohonannya masing masing.
Hasil gambar untuk tradisi 1 suro di kediri
Ritual 1 Suro dilanjutkan pada pagi harinya dengan prosesi diawali dengan Arak Pusaka dari Balai Desa Menang menuju Petilasan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo dikawal oleh Para Sesepuh Masyarakat, pemuda pembawa pusaka, gadis-gadis pengiring dan Keluarga Besar Hondodento yang semuanya memakai pakaian adat yang dipimpin oleh Kepala Desa Menang kecamatan Pagu.
ritual-1-syuroo
Sesampai di lokasi pemuda pembawa Pusaka menyerahkan kepada perwakilan keluarga besar Hondodento untuk dilakukan prosesi sebelum dikembalikan lagi kepada pemuda pembawa pusaka yang selanjutnya ditancapkan pada tempatnya di depan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo dan dilanjut dengan penaburan bunga setaman di tempat Pamuksan didahlui oleh Kepala Desa, Juru Kunci, Keluaga Besar Hondodento dan seluruh peserta yang hadir.
Nah, bagitulah tradisi peringatan malam 1 Suro di Kediri, apabila anda penasaran bisa langsung berkunjung di Kediri pada malam 1 Suro untuk melihat secara live. 








Demikianlah Artikel Tradisi 1 Suro di Kediri

Sekian Kunci gitar Tradisi 1 Suro di Kediri, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Tradisi 1 Suro di Kediri dan artikel ini url permalinknya adalah https://eksotiswisataindo.blogspot.com/2016/05/tradisi-1-suro-di-kediri.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Tradisi 1 Suro di Kediri"

Posting Komentar